Jajanan Blitar yang Asli Enak dan Bikin Ketagihan

madumongso1170

Bagi kamu yang suka untuk berburu jajanan khas, kamu pasti harus pergi ke Blitar dan cobain satu persatu jajanan khas blitar. Rasanya yang enak, murah, dan mudah dicari emang nggak bisa bikin kamu nolak untuk nyobain jajanan ini.

Sebenernya jajanan khas blitar itu banyang banget, tapi yang paling recomended itu ada di daftar bawa ini niii… Pasti Udah nggak sabar kan?? Yuk kita cari di sini!

    1. Geti

afikrubik.com

Geti ini  adalah makanan yang umumnya terbuat dari kacang tanah atau wijen ataupun gabungan dari keduanya. Kacang tanah dan biji wijen di rekatkan dengan rebusan gula merah dan kemudian dikeringkan. Rasa yang disajikan dari Geti ini sangat manis yang berasal dari gula merah serta gurih dari kacang tanah dan biji wijen. Pasti kamu nggak akan menyesal setelah mencobanya.

2. Opak Gambir

 

blitarmall.com

Jajanan Kue Kering yang satu ini mungkin sangat asing terdengar oleh kamu yang tidak tinggal di Blitar. Opak gambir ini merupakan sejenis kue kering khas kota blitar yang memiliki rasa manis dan gurih. Bahan dasar dari pembuatan opak gambir ini yaitu dari tepung terigu dan sari buah. Cara pembuatan opak gambir ini juga cukup sederhana yaitu dengan menggunakan khusus yangsangat panas dengan ketebalan yang tipis, sehingga sangat wajar jika tekstur dari opak gambir ini sangat renyah ketika digigit. Kebayang enaknya kan?? Pasti kamu pengen buru-buru beli kan??

  3. Wajik Klethik

menjualkerupuk.com

Wajik klethik adalah salah satu jajanan khas kota blitar yang sangat digemari masyarakatnya. Selain rasanya yang enak, harganya juga terjangkau, apalagi dibungkus dengan klobot dari jagung ini sangat menonjolkan kekhasan dari jajanan ini. Jajanan yang satu ini umumnya dibuat dari ketan putih, kelapa, gula putih dan gula merah. Rasanya yang sangat manis dan legit ini membuatnya semakin digemari semua kalangan. Yakin nggak mau coba jajananan ini?? Saya saranin coba aja, biar nggak nyesel tuh!

    4. Rengginang

falony.com

Jajanan yang bernama rengginang ini sangat terkenal dan mudah dijumpai di Blitar karena banyak peminatnya. Rengginang ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh ketika kalian datang ke Blitar. Kebanyakan rengginang terbuat dari bahan dasar ketan putih. Kamu bisa membelinya dalang keadaan matang atau masih mentah dan kamu bisa menggorengnya sendiri di rumah. Jika kamu membeli dalam keadaan mentah pasti lebih ekonomis dan tidak mudah hancur ketika dibawa. Awal mulanya rengginang hanya memiliki rasa gurih dan asin, tetapi pada saat ini banyak pengusaha yang telah berinovasi dengan rasa-rasa baru rengginang, seperti rasa teri, rasa manis, rasa ikan, rasa bawang, dan lain-lain. Jadi lebih banyak pilihan rasanya.

      5. Madu Mongso

yellow-up-yourlife.blogspot.com

Kalau yang satu ini adalah jajanan yang sering dijumpai bila datang ke acara pernikahan atau hajatan masyarakat di kota Blitar. Namanya Madu Mongso. Karena namanya madu mongso bukan berarti terbuat dari madu, tetapiterbuat dari ketan hitam yang sebelumnya diolah dahulu menjadi tape (melalui proses fermentasi). Setelah jadi kemudian diolah lagi dengan menambahkan gula, santan dan beberapa buah nanas sebelum kemudian dimasak hingga menjadi seperti dodol/jenang. Tidak heran bila rasanya asam bercampur manis. Jangan lupa mencoba jajanan ini ketika sedang di Blitar ya!!

Avatar

PatriaAdmin

Author Since:  Juli 22, 2018